Sabtu, 10 Maret 2018

Penjelasan dan Model Sistem Terkluster

Penjelasan dan Model Sistem Terkluster  - Sistem terkluster merupakan gabungan dari beberapa komputer yang dikumpulkan pada suatu lokasi yang saling berbagi tempat penyimpanan data (storage), dan saling terhubung dalam jaringan lokal (Local Area Network).
Sistem Terkluster

Sistem terkluster mempunyai persamaan dengan sistem parallel dalam hal menggabungkan beberapa CPU untuk meningkatkan kinerja komputasi. Jika salah satu mesin mengalami masalah dalam menjalankan tugas maka masin lain dapat mengambil alih pelaksanaan tugas itu. Dengan demikian sistem akan lebih handal dan fault toleran dalam melakukan komputasi.

Jika berbicara soal jaringan maka sistem terkluster mirip dengan sistem terdistribusi. Hanya bedanya, jika jaringan pada sistem terdistribusi melingkupi komputer-komputer yang lokasinya tersebar maka jaringan pada sistem terkluster menghubungkan banyak komputer yang dikumpulkan dalam satu tempat.

Dalam ruang lingkup jaringan lokal, sister terkluster mempunyai dua model dalam pelaksanaannya, Kedua model ini mempunyai perbedaan dalam hal pengawasan mesin yang sedang bekerja.

  • Model Asimetris
Pengawasan dalam model asimetris menempatkan suatu mesin yang mempunyai status bersiap siaga mengawasi mesin dan tidak melakukan kegiatan apapun selain. Jika mesin itu mengalami masalah maka pengawas akan segera mengambil alih tugasnya
  • Model Simetris
Pengawasan pada model simetris tidak menerapkan mesin yang khusus bertindak sebagai pengawas. Tetapi mesin-mesin yang melakukan komputasi saling mengawasi keadaan mereka. Mesin lain akan mengambil alih tugas mesin yang sedang mengalami masalah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lihat Juga

Mengenal Keempat Tipe Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah menjadi topik utama dalam banyak diskusi teknologi dan inovasi saat ini. Namun, bagaimana kita mendefinisikan d...

Halaman